Genjot PADes, Bumdes Perlu Diaktifkan

BOGANINEWS, BOLMUT – Guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) di seluruh desa yang ada Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), maka desa perlu menggenjot berbagai sektor perekonomian. Salah satunya dengan mengaktifkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Hal ini seperti disampaikan Wakil Ketua DPRD Bolmut Arman Lumoto, bahwa dengan memaksimalkan Bumdes yang ada di seluruh Desa, maka akan sangat membantu untuk meningkatkan pendapatan desa. “Jika Bumdes diberdayakan dengan baik, maka perekonomian masyarakat akan meningkat. Dan itu akan berpengaruh besar terhadap pendapatan desa,” jelasnya.

Sehingga itu kata Arman, seluruh kepala desa yang ada di Bolmut, perlu studi banding di Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Desa tersebut memiliki Bumdes yang mengelola sejumlah sektor perekonomian dengan baik hingga mencapai Rp 2,2 miliar per tahun.

“Ada beberapa sektor yang dikelola Bumdes di desa tersebut. Diantaranya, sektor pariwisata, perikanan, investasi air minum dan pertanian. Itu semua yang perlu kita pelajari di desa itu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Bolmut, melalui Kabid Pemerintahan Desa Ivan Gahtan mengatakan, di tahun 2017 ini seluruh desa yang ada di Bolmut, akan kembali mengaktifkan Bumdes. “Tujuannya untuk membantu perekonomian masyarakat, serta meningkatkan pendapatan asli desa,” kata Gahtan. (WaOne)

Komentar