Dandes Bolsel Tahap I Masuk RKUD

BOGANINEWS, BOLSEL – Dana Desa (Dandes) tahap satu untuk Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2017, sudah masuk Rekening Kas Umum Derah (RKUD).

Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah Arvan Ohy, Pemkab Bolsel sudah menerima transferan aliran dana ini langsung dari KPPN Kotamobagu. “Dana Desa sudah di rekening daerah,” kata Arvan. Ia juga menyebutkan, dari 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara, baru dua Kabupaten yang sudah memperoleh dana transfer ini. “Baru Kabupaten Bolsel dan Kabupaten Minahasa Selatan,” sebut Arvan.

Lanjutnya, dari kesiapan proses persyaratan administrasi pencairan, Kabupaten Bolsel telah memenuhi persyaratannya. “Tentunya dari segi kesiapan dan kelengkapan perayaratannya, Bolsel sudah siap. Tinggal dari desa-desa yang menyelesaikan perayaratannya saja,” ucap Arvan.

Dijelaskannya, ketentuan pencairan Dandes masuk ke rekening desa melalui persyaratan yang terdiri dari Peraturan Desa tentang Dana Desa, laporan realiasasi penyerapan dan output pelaksanaan kegiatan tahun sebelumnya. “Kalau ini sudah dimasukan, pencairannya sudah bisa direalisasikan langsung ke rekening desa,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolsel, Drs Indra Damopolii ME mengatakan, dana yang sudah ada tersebut, berdasarkan rekomendasi surat nomor S-3641/PB.2/2017. “Jadi sekarang tinggal dari desa yang menentukannya. Kalau cepat memasukan persyaratan, maka dananya akan cepat pula masuk di rekening desa,” terang Sekda. Diketahui, besaran Dana Desa tahap I yang sudah masuk RKUD Kabupaten Bolsel sebesar Rp 38.299.486.400. (Alan)

Komentar