oleh

KPU Tandatangani MoU Dengan Dukcapil

BOGANINEWS, BOLSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menandatangani kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bolsel.

Penandatanganan MoU ini terkait pemanfaatan data kependudukan yang ada di Dukcapil. Menurut Komisioner KPU Bolsel Eskolano Kakunsi, tujuan MoU ini untuk melakukan update data pemilih yang sudah ada berdasarkan Pemilu terakhir yang dijaga terus secara berkelanjutan. Juga termasuk data mutasi warga yang pindah atau menjadi penduduk Bolsel.

“Jadi kita perlukan data tersebut untuk dilakukan update pada program sistem aplikasi daftar pemilu (Sidalih).” jelas Eskolano Kamis (23/03) kemarin.

Lanjutnya, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan adalah program Nasional KPU. “Sehingga pada saat Pemilu 2019 mendatang KPU sudah memiliki data base pemilih yang terus di update berdasarkan data yang ada di Dukcapil,” jelasnya.

Sementara Kepala Disdukcapil Bolsel, Gunawan Otuh mengatakan, sebagai pihak yang bertanggungjawab soal data kependudukan, maka melalui kerjasama ini nantinya update data secara rutin akan diberikan ke KPU. “Setiap mutasi kependudukan ada dalam server data. Kita selalu siap membantu dengan memberikan data update,” aku Kadis.

Diketahui, pada penandatanganan MoU antara KPU Bolsel dengan pihak Pemkab, turut disaksikan Asisten III Harifin Matulu dan Kabag Hukum Kadet Wijayanto, di ruang kerja Asisten Bidang Administrasi Umum. Sementara dari pihak KPU diwakili komisioner Divisi data dan perencanaan, Eskolano Kakunsi. (Alan)

Komentar

BERITA LAINNYA