oleh

Desa Motolohu Buka Jalan Kebun

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Desa Motolohu, Kecamatan Helumo, telah membuka akses jalan perkebunan sepanjang 2 kilometer yang menuju ke areal perkebunan Ombulo. Pembangunan jalan perkebunan tersebut, menggunakan Dana Desa (Dandes) tahun anggaran 2016 sebesar Rp 280 juta.

Dengan dibangunnya akses jalan kebun tersebut, telah mempermudah para petani untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan mereka. “Memang baru sebagian ada perkerasan. Tapi dengan dibukanya jalan kebun ini, sudah sangat membantu kami sebagai petani,” aku Ahmad Usman, salah satu petani di desa tersebut.

Ahmad juga mengaku, jalan kebun yang baru ada perkerasannya sudah sepanjang 1,3 kilometer, dengan kondisi jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. “Dengan adanya jalan ini, aktivitas petani berjalan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Sangadi (Kepala Desa) Motolohu, Narlis Mohi menjelaskan, pembangunan jalan kebun ini sudah lama diinginkan masyarakat. Tapi baru bisa terealisasi pada 2016 lalu berkat adanya dana desa. Dijelaskannya, total Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes) pada 2016 sebesar Rp 952 juta. Untuk pekerjaan fisik Rp 509 juta, termasuk pembangunan jalan kebun Ombula.

“Pekerjaan fisik lainnya yaitu pembangunan drainase dan talud sebesar Rp 186 juta juga untuk pembangunan tapal batas senilai Rp 42 juta. Khusus untuk petani, selain kita bangunkan akses jalan kebun, juga diberikan bantuan melalui program pemberdayaan,” jelas Sangadi.

Dijelaskannya, penduduk Desa Motolohu berjumlah 500 jiwa lebih dan 75 persen berprofesi sebagai petani. Meski kondisi geografis
wilayah desa ini berhadapan langsung dengan laut, namun sektor
pertanian menjadi andalan warga setempat. “Masyarakat kami juga suka melaut. Tapi karena hasil tangkapan biasanya musiman, maka masyarakat tetap mengandalkan hasil pertanian,” terangnya. (Alan)

Komentar

BERITA LAINNYA