Bupati Tegaskan APBDes Prioritaskan Program Pemberdayaan

BOGANINEWS, BOLSEL – Dalam penyusunan program Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2017, Bupati menegaskan harus memprioritaskan program-program pemberdayaan yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Menurut Kabag Humas Bolsel Ahmadi Modeong, penegasan Bupati ini, seiring dengan mulai di sosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) atas pelaksanaan penyusunan program dana desa. “Setelah disosialisasikan Perbup, maka Sangadi dan aparat desa, mulai fokus pada program pemberdayaan. Misalnya, pemberdayaan potensi pemuda yang ada desa,” kata Ahmadi.

Selain itu, desa juga harus mampu menggali potensi yang di milikinya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, Bolsel saat ini mulai di lirik oleh beberapa investor khusus di bidang pertanian dan perkebunan. “Sehingga, kita harus selalu siap dengan hasil-hasil yang menjadi unggulan desa,” jelas Ahmadi.

Lanjutnya, dalam menyusun program pemberdayaan, harus mengacu pada aturan dan mekanisme yang ada. “Untuk instansi terkait, harus terus pro aktif dalam melakukan monitoring, verifikasi serta evaluasi,” tambahnya. (Alan)

Komentar