oleh

Bolsel Punya SMK Pariwisata

BOGANINEWS, BOLSEL – Guna menopang pengembangan pariwisata di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), maka Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora), menggandeng pihak swasta untuk membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Terbukti, di Desa Adow Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), telah didirikan SMK Budi Mulia. “Ini adalah SMK pertama di Bolsel yang membuka jurusan Pariwisata,” Kata Ketua Yayasan Budi Mulia, Hj Muku Manoppo M.Kes, Selasa (14/3) diruang kerjanya.

Lanjutnya, sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 2015 lalu. Namun, masih satu atap dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) karena belum memiliki bangunan tetap. Menurutnya, pendirian SMK ini, karena ketertarikan masyarakat akan jurusan kepariwisataan. Mengingat saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel sedang gencar mengembangkan destinasi wisata. “Seperti air terjun Botuliodu di Kecamatan Tomini, Pantai Ponii di Kecamatan Bolaang Uki, Pantai Modisi di Pinolosian, Pulau Lampu di Pinolosian Timur, Taman Hutan Bogani di Biniha, serta Paralayang di Pinolosian,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Adow, Edy Warsono menjelaskan, sekolah ini ditopang 10 orang pengajar tetap. Mereka mengajar tiga mata pelajaran. “Mulai dari Pariwisata, Kesehatan dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ),” jelasnya. Dikatakannya, ada Enam ruang kelas saat ini masih dalam tahap pembangunan dan nantinya akan dilengkapi dengan dua Laboratorium, dan Satu ruang guru. “Kita juga telah menerima bantuan dari pemerintah, untuk pengembangan sekolah,” akunya.

Kedepan katanya, akan terus berupaya menggalang dana untuk pengembangan infrastruktur sekolah tersebut. “Sangat bersyukur kami diperhatikan oleh Pemerintah Pusat, khususnya Pemerintah Kabupaten Bolsel,” ucapnya. Meski baru beberapa tahun, tapi kata Edy mereka telah mengadakan ujian praktek dalam kurun waktu tiga tahun.

“Semua dilakukan untuk mengembangkan kualitas lulusan SMK, agar  mampu bersaing di dunia kerja yang nyata. Saat ini kami memiliki 63 orang siswa, dan tahun ini adalah tahun pertama akan ada lulusan dari SMK Budi Mulia,” terang Kepsek.

Terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Bolsel, Iskandar Kamaru memberikan apresiasi terhadap kehadiran SMK Budi Mulia. Menurut Wabup, di wilayah Timur Bolsel, memang sangat membutuhkan sekolah seperti itu. “Kami sangat mendukung adanya jurusan kepariwisataan. Bahkan rencananya kedepan kita akan mewajibkan SMK membuka jurusan perikanan dan kelautan,” ujar Wabup.

Wabup juga membenarkan, bahwa sekolah tersebut mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan.
“Kalau tidak salah dapat bantuan APBN 1 miliar lebih dari Kementerian Pendidikan,” jelasnya. (Alan)

Komentar

BERITA LAINNYA