oleh

Kecamatan Tomini Wakili Kabupaten di Tingkat Propinsi

BOGANINEWS, BOLSEL – Tomini yang merupakan Kecamatan yang baru dimekarkan di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), dipercayakan untuk mewakili kabupaten mengikuti lomba di tingkat Sulut. Satu dari Tujuh Kecamatan di Bolsel ini, akan bersaing dengan kecamatan-kecamatan lain dari utusan 14 Kabupaten/Kota di Sulut lainnya.

Menurut Camat Tomini Suprin Mohulaingo, lomba ini merupakan program Tim Penggerak PKK Provinsi. Disebutkannya, ada tiga kategori yang dilombakan, diantaranya kategori Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dan Hatinya PKK (Halaman, Asri, Teratur, Indah, Nyaman).

“Kita telah menyiapkan tiga desa untuk tiga kategori. PHBS Desa Milangodaa Barat, LBS Desa Tolutu dan kategori Hatinya PKK Desa Milangodaa Ibu Kota Tomini,” kata Suprin.

Lanjutnya, meski hanya tiga desa yang dimintakan sebagai sampel untuk lomba tersebut, tapi semua desa digenjot, karena kategori-kategori yang dilombakan merupakan standar pola hidup, lingkungan dan kebiasaan yang diinginkan pemeritah, khususnya pemerintah Kecamatan Tomini.

“Apa yang kita terapkan di desa-desa bukan semata untuk mengikuti lomba. Tapi, sejak dimekarkan menjadi kecamatan, sudah menjadi komitmen akan merubah wajah ibu kota kecamatan dan desa-desa yang ada,” jelasnya.

Terkait persiapan lomba ini, Senin (6/2) tim penilai dari PKK Provinsi berkunjung ke Kecamatan Tomini, untuk melakukan penilaian. “Meski hanya tiga desa untuk tiga kategori lomba yang sudah disiapkan, tapi tim penilai tertarik untuk melihat tujuh desa di Kecamatan Tomini,” akunya.

Sementara itu, Suhartini Damo selaku Sekretaris TP-PKK Kabupaten Bolsel yang sekarang menjabat Staf Ahli Bupati yang ikut turun ke Tomini mendampingi tim provinsi, menjelaskan, alasan ditunjuknya Tomini karena dinilai sangat siap. Terbukti, wajah tujuh desa tampak seragam dan serasi. “Kecamatan Tomini, penataannya sangat baik dan seragam,” ucap Damo. (Alan)

Komentar

BERITA LAINNYA