oleh

Guru Akan Rapel Tamsil 8 Bulan

BOGANINEWS, BOLSEL – Guru non sertifikasi di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), dalam waktu dekat akan menerima Tambahan Penghasilan (Tamsil). Menurut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) melalui Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Rante Hatani, Tamsil bagi guru-guru ini akan dirapel.

“Harusnya tambahan penghasilan ini dibayarkan tahun lalu. Hanya saja, dananya baru masuk ke kas daerah pada bulan November 2016,” kata Rante. Lanjutnya, dana tersebut masuk pada akhir tahun, sehingga proses pembayaran tidak bisa dilakukan karena APBD Perubahan sudah jalan. “Jadi akan kita bayarkan tahun ini,” ucapnya.

Rante juga menjelaskan, jumlah guru non sertifikasi di Bolsel sekira 400-an. Dan setiap guru akan menerima Tamsil sebesar Rp 250 ribu per bulan. “Kalau Tamsil ini dirapel, totalnya dua juta lima ratus ribu, dan itu yang akan diterima para guru,” jelasnya. Ia juga memastikan, dalam waktu dekat pembayaran Tamsil akan diajukan dan diupayakan bulan ini semua sudah terbayar. “Diupayakan akan segera dibayarkan,” akunya.

Diketahui, pagu untuk anggaran tamsil tahun 2017 sebesar Rp 522 juta. Sedangkan, dana cadangan tahun 2016, Rp 752,3 juta. “Jadi total Tamsil tahun ini sekira Rp 1,2 miliar. Untuk tahun ini, Tamsil akan dibayarkan per triwulan,” terangnya. Pihaknya juga berharap, tunjangan para guru yang dibayarkan bisa diimbangi dengan peningkatan kompetensi guru.

“Karena pemerintah terus menjamin kesejahteraan guru. Sehingga, harus diimbangi dengan kompetensi guru, karena kualitas guru sangat berpangaruh terhadap mutu pendidikan,” paparnya. (Alan)

Komentar

BERITA LAINNYA