oleh

Bolsel Targetkan Bangun Tiga Pasar

BOGANINEWS, BOLSEL – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) menargetkan, pembangunan Tiga pasar di tiga kecamatan.

Pembangunan pasar ini merupakan program nasional 1000 pasar sesuai dengan program Presiden. Menurut Kepala Disperindagkop Mulyono Rochim, pihaknya menargetkan untuk  membangun pasar di Desa Dumagin Kecamatan Pinolosian Timur, Kecamatan Helumo, dan Kecamatan Tomini.

“Dengan dibangunnya pasar ini akan sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan harian masyarakat.
Terlebih khusus perputaran roda ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi  masyarakat yang mayoritas memiliki pekerjaan sebagai pelaut dan nelayan,” kata Kadis.

Lanjutnya, saat ini sudah berdiri Pasar Adow di Kecamatan Pinolosian Tengah, yang berdiri diatas lahan seluas satu hektar anggaran sebesar Rp 6,5 Miliar, bersumber dari dana tugas perbantuan Kementerian Perdagangan (APBN).

Kemudian pasar di Desa Posilagon yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 590 juta. Juga pasar di Desa Mataindo Selatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bolsel tahun 2016 sebesar Rp 480 juta. Kemudian pembangunan pasar ikan di Kecamatan Pinolosian dengan anggaran sebesar Rp 300 juta yang bersumber dari APBD Bolsel tahun 2016.

Dikatakannya lagi, sebelumnya Pemkab Bolsel sudah sukses membangun beberapa pasar tradisional besar di dua kecamatan berbeda. Seperti pembangunan pasar Soguo di Kecamatan Bolaang Uki pada tahun 2012 dengan total anggaran sebesar Rp 4,5 miliar. Anggaran tersebut dari tugas perbantuan Kementerian Perdagangan.

Kemudian Pasar Momalia di Kecamatan Posigadan pada tahun 2015, yang dibiayai dari dana tugas perbantuan Kementerian Perdagangan sebesar Rp 7 miliar. (Alan)

Komentar

BERITA LAINNYA