oleh

BUMDes Mampu Merangsang Ekonomi Masyarakat

BOGANINEWS, BOLMUT – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), merupakan sarana masyarakat untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Desa. Dengan adanya BUMDes, masyarakat bisa berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan usaha demi meningkatkan kesejahteraan.

Wakil Ketua DPRD Bolmut Arman Lumoto, berharap agar Pemerintah Desa bisa memanfaatkan semua potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di desa masing-masing, untuk kemudian dikelola melalui dana BUMDes.

“Jika desa bisa membentuk BUMDes, maka semua potensi yang dimiliki desa bisa dikelola secara maksimal. Selain itu, bisa merangsang pertumbuhan ekonomi di desa yang akan berimbas ke daerah,” jelasnya.

Baca Juga:  Banggar DPRD Bahas KUA-PPAS Tahun 2018

Dikatakannya, jika ini bisa terealisasi, secara otomatis Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan meningkat. “Banyak keuntungan jika desa mampu mengelola BUMDes. Termasuk mendatangkan PAD bagi daerah,” terangnya.

Ia juga tak menampik, pengelolaan BUMDes belum maksimal sesuai harapan. “Masih banyak Desa-desa yang belum memanfaatkan BUMDes. Padahal jika ini dimanfaatkan semaksimal mungkin, bisa memberikan dampak yang besar,” ucapnya.

Terpisah, Sangadi (Kepala Desa) Boroko Timur, Robbi Pakaya mengatakan, tahun 2017 ini pihaknya akan lebih menaikan dana untuk sumber daya manusia ketimbang peningkatan infrastruktur. “Tahun ini kita sudah usulkan,” ujar Sangadi Boroko. (Sandi)

Komentar

BERITA LAINNYA