oleh

Cuaca Ekstrim BPBD Bolsel Peringatkan Warga Waspada

BOGANINEWS, BOLSEL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap bencana.

Hal tersebut disampaikan mengingat saat ini cuaca berubah ekstrim, dimana intensitas curah hujan terus mengalami peningkatan. “Dalam sepekan terakhir ini curah hujan meningkat drastis, ditambah angin kencang membuat pohon-pohon di beberapa ruas jalan tumbang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Bolsel, Yamin Ismail, Kamis (15/12).

Akibat tumbangnya pepohonan penghijau jalan, sehingga membuat arus lalulintas terganggu. Bahkan terjadi pemadaman listrik yang cukup lama oleh pihak PLN akibat kabel jaringan listrik tertimpa pepohonan.

Baca Juga:  Harga Cabe di Bolmut Makin Pedas

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan BPBD Bolsel, I Made Apolos saat di konfirmasi diruang kerjanya mengatakan, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan segera berkoordinasi dengan pihak terkait. Hal tersebut wajib dilakukan agar potensi bencana bisa dikurangi, dan tidak akan ada korban jiwa.

Himbauan tersebut lebih khusus untuk warga yang tinggal di lereng gunung, bantaran sungai, dan pesisir pantai. Mengingat potensi banjir dan tanah longsor bisa terjadi kapan saja tanpa disadari. “Kami BPBD mengharapkan agar masyarakat segera berkoordinasi dengan Media Center BPBD Bolsel, jika ada tanda kedaruratan,” pinta Made.

Baca Juga:  Dinas PUPRKPP Boltim Canangkan Program Menanam Umbi-Umbian

Dia memastikan setelah ada koordinasi dengan pihak terkait, maka relawan Penanggulangan Bencana akan segera turun lapangan bersama pemerintah di Desa masing – masing. Kemudian akan ada respon lanjut dari BPBD dan Dinas Sosial untuk penyaluran bantuan. Mulai dari bahan makanan, pakaian, kasur, dan tenda darurat. (Sandi)

Komentar

BERITA LAINNYA