oleh

Kemenkes Survey Akreditas Puskesmas

BOGANINEWS, BOLMUT – Guna petapkan status atau pengakuan atas operasional Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), maka komisioner akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sambangi Kabupaten Bolaang Mongondow utara (Bolmut). Kehadiran komisioner akreditas Kemenkes ini, untuk melakukan survey akreditasi Puskesmas.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), dr. Jusnan Mokoginta, melalui Sekretaris Dinkes, Kalsum Mandjurungi, kehadiran komisioner akreditas ini merupakan salah satu upaya untuk memperoleh pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal, bagi semua puskesmas yang ada di Bolmut. Tim penilai dari Kemenkes ini, datang melakukan survey selama Enam hari, di Empat Puskesmas. Diantaranya, Puskesmas Boroko, Puskesmas Bolangitang, Puskesmas Bohabak dan Puskesmas Bintauna. Lanjutnya, tim penilai ini dibagi dalam Dua kelompok yang masing-masing melakukan survey selama Tiga hari di Satu Puskesmas.
Kepala Puskesmas Boroko, Juni Djenaan, saat dimintai tanggapannya mengatakan, pihaknya telah dikunjungi tim penilai dari Kemenkes.  Dia berharap, agar puskesmas Boroko dan Tiga Puskesmas lainnya, bisa mendapatkan hasil maksimal, agar bisa lolos dan diakui sebagai puskesmas terakreditasi. “Poin-poin yang dinilai diantaranya dokumen-dokumen, Standard Opersional Prosedur (SOP), sampai pada lintas sector yang terkait dengan pelayanan kesehatan sampai ke desa-desa,” terang Juni. (Marlan)

Komentar

BERITA LAINNYA