oleh

DPRD Bolmut Hearing BPBD

BOGANINEWS, BOLMUT – Guna menindaklanjuti persoalan bantuan bagi korban bencana alam puting beliung, yang menimpa warga Desa Binjeita beberapa waktu lalu, sehingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong Utara (Bolmut), menggelar rapat dengar pendapat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
Dalam Hearing tersebut, Ketua Komisi III, Syaiful Ambarak, mengatakan, bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, terhadap korban bencana hingga kini belum juga di salurkan. Sehingga, pihak DPRD mempertanyaan sejauh mana koordinasi BPBD Bolmut dengan Pemprov.
“Kami menilai koordinasi kurang efektif. Diminta. peran aktif dari Pemda Bolmut melalui BPBD, agar segera mengupayakan penyaluran bantuan terhadap korban bencana yang sudah sangat dibutuhkan masyarakat,” pinta Ambarak. Politisi Partai Golkar ini menambahkan, agar BPBD bisa lebih aktif dalam membangun koordinasi baik dengan Pemprov maupun Pemerintah Pusat. “Yang namanya bantuan bencana sifatnya mendadak. Sehingga, instansi teknis harus tanggap,” sindirnya.
Kepala BPBD Bolmut, Musliman Datukramat, mengaku, pada saat bencana melanda Desa Binjeita, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kepala BPBD Pemprov Sulut. Bahkan Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), telah mengunjungi langsung korban dan lokasi bencana.
“Kami akan tetap mengupayakan bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi. Kalaupun bantuan tersebut masih dalam proses, kami akan mengambil alternatif lain, dengan mengajukan telaan Staf ke kepala daerah dalam hal ini Bupati, agar bisa mengalokasikan belanja tak terduga terhadap korban bencana,” terangnya. (Marlan)
Baca Juga:  Fuad Landjar: Merakyat Menunaikan Amanah Rakyat

Komentar

BERITA LAINNYA